>>
Anda membaca..
Tak Berkategori

Sukses Besar Facebook Tiruan China


Bukan hanya ponsel yang sukses ditiru China. Situs jejaring sosial China pun mengkloning Facebook. Tapi mereka sukses dan penggunanya yang mencapai puluhan juta.

Meskipun ada kemiripan dengan Facebook, ada satu perbedaan yang signifikan dari situs jejaring sosial AS Facebook dan jejaring sosial China, semacam Renren atau SNS. Situs China didukung permainan sosial menggunakan item virtual. Bahkan game Farmville yang popular di Facebook juga berasal dari China.

Seorang konsultan bisnis internasional peranakan China-Amerika yang tinggal di Beijing dan bekerja di salah satu layanan video online terkemuka Youku.com, Kaiser Kuo menyebut ada tiga situs jaringan sosial yang memimpin di China.

Renren.com merupakan jejaring sosial China paling sukses. Awalnya situs ini sebagai klon Facebook dan disebut Xiaonei.com yang berarti ‘di kampus’ dalam bahasa China. Pada Agustus 2009 situs ini mengubah namanya menjadi Renren, yang berarti “semua orang”. Renren memiliki 70 juta pengguna terdaftar pada saat ini. Situs ini dimiliki oleh Oak Pacific Interactive dan telah memiliki lebih dari US$400 juta yang disuntik oleh investor Softbank.

Situs ini didirikan pada Desember 2005, tidak lama setelah Facebook mulai beroperasi. Pendirinya Wang Xing kemudian mendirikan Fanfou, klon Twitter yang akhirnya juga sangat populer.

Secara fisik Xiaonei.com ketika memulainya adalah kloning Facebook, dengan warna yang sama biru dan tata letak yang sama juga. Penulis tamu ReadWriteWeb Gang Lu menulis di blog itu pada Juni 2008, Xiaonei.com ketika pertama kali diluncurkan seperti versi sederhana dari Facebook dalam bahasa China.

Dia mencatat adanya tata letak yang sama, skema warna yang sama dan bahkan logo yang sangat mirip. Hal itu membuat orang bertanya-tanya apakah ada hubungan resmi dengan Facebook.

Jaringan sosial lain yang sangat popular adalah Kaixin001.com. Kaiser mengatakan pengguna jejaring sosial ini kebanyakan adalah “kerah putih kelas menengah” dan biasanya dari kota-kota besar.

Kaiser mencatat bahwa Kaixin001.com sangat populer di kalangan orang-orang yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan multinasional, agen iklan, dan perusahaan kerah putih lainnya. Oleh karena itu, situs ini menjadi berharga karena basis pengguna yang relatif kaya.

Situs jejaring sosial ketiga yang sangat populer di China adalah 51.com. Menurut Kaiser layanan itu banyak digunakan oleh orang-orang yang tinggal di “kota besar kedua” dan juga daerah pedesaan.

Masing-masing ketiga jejaring sosial itu sangat populer di China dan memiliki ceruk sendiri-sendiri. Renren sebagai arus utama, Kaixin001 yang lebih prestisius dan yang populis 51.com.

About Amron Situmorang

Saya seorang yang membidangi IT selama 5 tahun ini dengan lulusan sarjana komputer

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: