>>
Anda membaca..
Opini

Petinggi Gereja Ajak Puasa Teknologi


Sebuah tantangan dilontarkan oleh petinggi Gereja. Dalam satu hari, umat Kristiani diajak untuk tidak menggunakan ponsel, iPod, komputer, televisi, serta apa pun yang berbau perangkat teknologi.

Adalah para uskup senior di kota Liverpool, Inggris, ini yang menantang para umatnya untuk puasa teknologi. Mereka mendorong masing-masing orang untuk memangkas penggunaan karbon dengan tidak memakai sejumlah gadget.

Salah satu bentuk puasa ini ialah bagian dari puasa 40 hari yang merupakan tradisi umat Kristiani menjelang hari raya Paskah.

“Lakukan puasa teknologi. Cobalah dalam satu hari tidak memakai TV, iPod, komputer, hingga ponsel,” demikian bunyi anjuran yang detikINET kutip dari Telegraph, Rabu (17/2/2010).

Uskup dari Oxford Rt Tev John Pritchard mengatakan bahwa aksi ini mendorong orang untuk memikirkan orang lain yang kurang beruntung.

“Ini merupakan pernyataan solidaritas terhadap dunia yang tidak semuanya memiliki kemampuan berkomunikasi seperti kita,” kata dia. “Hal ini juga sebagai pengingat bahwa kita sudah berjalan terlalu jauh dalam hal penggunaan teknologi,” lanjut Pritchard.

Ajakan untuk puasa teknologi mendapat dukungan dari kalangan ilmuwan. Puasa ini sendiri akan dilakukan berbarengan dengan puasa lain seperti mengurangi makan daging, menghemat listrik dan mengurangi porsi belanja.

About Amron Situmorang

Saya seorang yang membidangi IT selama 5 tahun ini dengan lulusan sarjana komputer

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: